Thursday, February 6, 2014

Awal Bulan......HEMAAAAATT!!!!

Gue adalah orang yg lumayan susah buat berhemat, ngeliat duit nganggur didompet bawaannya selalu aja pengen dijajanin. Biasanya sih buat makan, tapi gatau kenapa padahal makan gue tergolong banyak tapi badan gue tetep segini-segini aja, huft.

Bagian huftnya agak menjijikkan.

Biasanya pas awal bulan kaya gini gue udah mulai bikin planning apa-apa aja pengeluaran gue buat sebulan kedepan, mulai dari yg simple-simple kaya: Makan, pulsa, bensin, rebonding bulu ketek & traktir gebetan. Sampe ke yg udah mulai ekstrim kaya: Nabung buat beli planet Saturnus.

Beberapa bulan yg lalu gue hampir sempet merasakan keadaan anak kost yg sesungguhnya, yaitu saat akhir bulan duit udah habis duluan, tapi untungnya gue masih punya simpenan uang tak terduga yg bener-bener nyelametin gue dari makan-mie-pagi-siang-sore-malam.

Sebenernya orang tua gue selalu nyaranin buat menta kirim duit kalo misalnya udah habis, tapi gue ini orangnya ga suka ngebebanin orang tua, jadi kalo duit udah dalam masa-masa sekarat biasanya gue ga minta tambahan. Kecuali dalam keadaan-keadaan kepepet misalnya tiba-tiba kucing peliharaan gue minta pernikahannya dengan pacarnya dilangsungkan digedung mewah. Padahalkan gue ga miara kucing.

Seperti yg dijelasin diawal tadi, semenjak kuliah gue jadi doyan banget makan, terutama masakan Jepang, jadi berhubung gue punya temen-temen pecinta jepang, gue biasanya ikut mereka ke acara-acara Japan-Festival gitu, Cuma buat hunting makanan. Nah! Di event-event kaya gini nih yg bikin dompet gue langsung minta dimutilasi, banyak banget pengeluaran-pengeluaran tak terduga, belom lagi kalo misalnya yg jualnya cakep, hati ini tak kuasa membendug keinginan untuk membeli walaupun yg doi jual cuma........air mineral. Ya seenggaknya murah meriah lah, yg gaenak itu kalo misalnya yg jual cakep dan dia ngejual makanan dengan harga 1,5 juta rupiah per-porsi, bukan dompet gue yg minta dimutilasi, tapi gue yg bakalan dimutilasi sama dompet gue sendiri.

Salah satu pengeluaran tak terduga juga yaitu, pengamen. Yap! Pengamen masuk kedalam daftar pengeluaran tak terduga, soalnya setiap gue makan siang di depan kampus selalu aja ada pengamen, mulai dari yg suara & lagunya bagus sampe yg bikin pengen bikinin dia oseng-oseng buku “Belajar bernyanyi” ke dia. Ada beberapa type pengamen yg pernah gue temui.

Ariel Brooh

1.    Tipe Gapapa kalo ga dibayar

Nah gue suka nih dengan tipe kaya gini, soalnya kalo dia udah nyodorin gelas tempat duitnya kekita tapi kita bilang ‘maaf’ dia Cuma senyum terus pergi. Orang-orang yg caya gini gue do’ain dapet pahala, selain dapet uang tentunya.

2.    Tipe bakalan nyanyi terus-terusan sampe dikasi duit

Gue juga pernah ketemu dengan pengamen tipe ini. Pas lagi makan diwarteg depan kampus ada seupil pengamen menghampiri gue dan temen-temen gue. Pengamen ini membawakan lagu “Entah apa judulnya” dari penyanyi “Entah siapa penyanyinya”, sekelebat doi nyamperin meja gue dan menyodorkan gelas pamungkasnya, dua orang temen gue langsung masukin recehan kedalem gelasnya.

Gue belom ngasih duit dan dia masih ngelanjutin nyanyiannya sembari mengalihkan perhatiannya kemuka gue denan memasang muka yg seakan berkata: “Masukin duit lu woy! Atau gue bakalan nyanyi terus sampe lu mabok dengerin nada fals”. Mampus! Gue gapunya recehan teriak gue dalem hati (Yoih, orang ganteng emang bisa teriak dalem hati, gabisa ya? Kasian). Gue cek dompet, duit paling kecil didompet gue waktu itu adalah sepuluh ribuan, masa iya gue minta kembalian? Dia pengamen apa kasir alfamart? Sekalian aja gue minta struk. Akhirnya dengan rasa frustasi gue ubek-ubek tas gue, berharap ada recehan nyempil.

Akhirnya gue nemu duit dua ribuan, ya gapapalah gue kasih aja itung-itung amal dan akhirnya dia berenti nyanyi. Dalam hidup gue, gue gapernah sebahagia itu ngeliat orang berhenti nyanyi, bagaikan setitik air di lautan yg luas. Eh salah deh kayanya.

3.    Banci ngamen

ENYAHLAH KALIAN DARI MUKA BUMI INI!!!!!
   
Intinya walaupun Cuma duit receh tapi itu sangat berpengaruh pada kehidupan anak kostan yg penuh lika-liku. Makanya kita itu sangat menghargai uang berapapun nominalnya.

Yak! Pesan gue hargai uang dan jangan terlalu boros, dan juga jangan terlalu hemat, yg sewajarnya aja. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!! :)

(Pict Source:  miraclekidx.blogspot.com)

2 comments:

SK said...

Alhamdulillah jarang nemu yg tipe 2 sama 3 :))

Rizky Nanda Putra said...

Wah, cobain deh ketemu sama mereka, dan rasakan sensasinya :D

Post a Comment

newer post older post Home