Sunday, February 12, 2012

Indonesian Idol is.........

Kalimat pembuka postingan kali ini apa ya enaknya......

*mikir*

*ketiduran*

*bangun lagi*

*ngelap iler*

ini kenapa ada banyak bintang2 di tulisan gue.....?!?!?

Kalian tahu Indonesian Idol?


yang tau berarti gaul abis...

yang gak tau pasti gak pernah nyobain mie ayam pak somad.....(karena pak somad penggemar berat rini idol)

Gue mau ngomongin pengalaman gue ngikut audisi indonesian idol 2012 kemaren, emang udah agak lama sih, tepatnya tanggal 27 Januari kemaren.

Gue aslinya emang gak niat ikut audisi itu, tapi temen gue randi ama fuad dengan sukses udah maksa gue. Bukan karena apa-apa gue gak mau ngikut, tapi gue emang gak mau lulus, itu aja. Iya gue tau, gak lucu kan?, emang lg gak niat ngelucu dan bukan ini punchlinenya.

Malem sebelum berangkat audisi, gue, fuad dan randi ngumpulin persyaratan untuk ikut audisi. Seperti: Foto, fotokopi KTP, print formulir audisi, dan pakaian dalam ganti (buat apa coba?).

Kedua temen gue pun malem itu nginep di kostan gue karena kita besoknya bakal berangkat bareng, gue ama fuad gak bisa tidur malem itu karena kita bukannya tidur malah cerita2 ngakak ampe pagi, alhasil mata kita berdua jadi kayak abis di pukulin preman terminal.

Kita berangkat jam setengah 6 pagi, kebetulan saat itu Jakarta abis di guyur ujan deras subuhnya, jadi pagi itu terasa lebih dingin dari sebelumnya. Kita milih dateng pagi karena lokasi audisinya juga lumayan jauh dari kostan gue yaitu di PRJ kemayoran. Dari kostan gue kita naik Bus Patas sampe ke Terminal senen, selama perjalanan gue ama fuad mengalami ngantuk kronis stadium 4 dan stadium gelora bung karno senayan jakarta. Gue lebih parah, selain ngantuk berat gue jg jadi berasa rada2 mual gara2 kecium bau yang gak enak. Alhasil selain berusaha nutup mata buat tidur gue jg nutupin idung supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan contohnya: mbak2 cantik yang duduk didepan tiba2 minta tanda tangan gue dan minta foto bareng, ini ekstreem dan random banget.

Selama hampir satu jam di dalam Patas yang dingin yang menambah ke'galau'an mata gue untuk tidur atau enggak......... tunggu, galau itu apa ya?.

Kita pun sampai di Terminal senen....pagi itu di terminal senen masih rada sepi, karena kita sampai disana sekitar pukul setengah delapanan pagi, yang artinya kita masih sempat buat sarapan plus beli makanan2 kecil buat audisi ntar. Setelah jalan2 kesana kemari mencari alamat *tedengtedeng (loh?). Kita nyamperin sebongkah gerobak bubur ayam dan sebutir abang2 tukang bubur ayam. Kita yang udah laper berat dengan wajah memelas (tapi tetap ganteng) memesan 2 porsi bubur ayam yang nikmat sedap dan aduhai itu. Kenapa 2? padahal kan kita ber 3?, Randi gak mesen gue jg gak tau kenapa, yang jelas dia jadi kayak penjaga kita berdua yang lagi menikmati semangkuk bubur ayam hangat. Dan dia malah mondar-mandir kayak ketreska'an eh salah setrikaan... ribet nih keyboard.

Abis makan kita bayar (yaiyalah) bubur ayamnya lalu kita pun terbang (ya enggak lah), lalu kita meluncur lagi ke minimarket terdekat buat beli camilan, dan kita pun dengan sukses membeli 3 potong roti dan 3 botol air mineral bergizi.

Jalan lagi keterminal dan kita langsung naik ke metromini nomor 10 ke arah kemayoran. Kita duduk dibelakang, dimetromini itu ternyata banyak juga calon peserta indonesian idol yang lainnya. Di metromini itu Randi cerita2 pengalaman dia ngikut audisi tahun 2011 kemaren dengan calon peserta yang lain, gue ama fuad? Tidur......#CucokAbis

Kita pun turun di suatu tempat yang lumayan jauh dari PRJ, karena metromininya langsung muter karena lagi gak boleh lewat jalan di sana. Gara2 metromini itu kita jadi jalan lumayan jauh buat nyampe ke PRJ, dengan berbekal kaki yang kuat dan sehat kami pun berjalan dengan penuh suka cita ke tempat audisi, pada masa jalan kaki itu rombongan kami bertambah 3 lagi, mereka juga akan mengikuti audisi indonesian idol, selama jalan mereka dan randi masih ngomongin soal pengalaman ikut audisi tahun lalu, gue ama fuad? Tidur..... ya enggak lah, masa iya gue tidur sambil jalan.

Setelah kira2 hampir 20 menit kita jalan kaki, akhirnya sampailah kita di 'Pekan Raya Jakarta' yaitu tempat berlangsungnya audisi Indonesian Idol. Kita jalan kaki dari depan pintu masuk PRJ sampe ke tempat audisi kira2 10 menit, saat hampir sampai di tempat audisi gue ngeliat ada sesosok manusia yang gak asing di mata gue, yaitu temen gue dari Jambi jg namanya Faisal, emang sih gue tau dia jg kuliah di Jakarta tapi, meen....ketemu temen seKota di Audisi Indonesian Idol itu rasanya kayak.......tunggu kalo gue lanjutin pasti bakal jadi iklan salah satu produk kopi.

Oke dari tempat ketemuan tadi kita jalan dikit sekitar 5 menitan untuk sampai ke tempat antrian untuk audisi, untuk mengawali ekspresi pertama gue ngeliat persertannya, gue akan mengucapkan MASYAALLAH...!!!!, rame banget.....meeeeen, suasananya kayak mau ada demo massal menuntut turunnya harga tiket Justin Bieber...!!!!

Kita pun mulai ngantri, mulai dari antrian itu lah gue tau kalo anak2 Jakarta kayaknya emang udah niat naget dari rumah buat ngikutin audisi ini. Ada yang udah dandan abis-abisan, ada yang bawa2 gitar segala macem, bahkan ada yang di anterin emaknya (serius).

Gue yang aslinya antara niat gak niat buat ngikut cuma jadi terheran-heran ngeliatnya, kalo lo liat style gue waktu itu: dari bawah sepatu cats hitam putih dengan tali putuh, celana skinny jeans bisu, sabuk hitam (biarpun gak keliatan), Jaket coklat dibuka, kaos coklat merknya gatau, dan wajah polos yang ganteng dan putih mulus dengan rambut ala justin bieber bangun tidur.

Mulai dari antrian aawal, kita udah dipisahin, kita dibagi satu kelompok masing2 limapuluh orang. Kebetulan gue ama temen2 yang lain gak dipisah, jadi kita masih bareng. Dari luar pagar pertama kita masuk ke dalam pagar pertama, gue kira kita adalah orang2 pertama yang dateng audisi, ternyata isi dalemnya udah rame total. Dan disitu pun kita nganti selama 1 jam, lalu kita jalan lagi dikit dan berenti lagi selama 1 jam, masuk lagi ke pagar kedua, dari situ kita baru ngeliat suasana antrian audisi Indonesian Idol yang sebenarnya dimana gue rasa hampir separo anak2 muda di Jakarta tumpah dalam satu tempat. Kitapun mulai memasuki pagar yang di atur sedemikian rupa menyerupai labirin. Cuaca hari itu terasa begitu menyengat seakan akan ada 23 matahari yang bertugas pada saat itu. Dan di saat ini lah gunanya air mineral nan alami dan bergizi yang kami beli tadi. Dengan menenggak beberapa teguk air mineral itu serasa seperti hidup kembali.

Selama hampir 2 jam panas2an di luar kitapun beranjak masuk kedalam sebuah gedung dimana audisi berlangsung, dengan masih mengantri, gue memberikan formulir pendaftaran dan semua syarat2 yang diminta kepada panitia, lalu kitapun diberi souvenir berupa KIPAS.... iya KIPASS, anehnya apa coba? WOY KITA UDAH DI DALEM WOY, TELAT KALI KIPASNYA.......Rada kesel sih sebenarnya, tapi seperti kata bondan prakoso "ya sudah lah". Gue pun juga diberi sticker tanda peserta audisi indonesian idol dengan nomor peserta "-gue lupa-".

Kita pun menaiki lift untuk sampai ke lantai 6 gedung tersebut, dimana juri2 sudah menantikan kedatangan kami dengan tangan terbuka. Sampai di lantai 6 kita masih di suruh buat nunggu. Menurut gue sih yah gak apa2 lah, toh udah gak panas juga. Lima menit sesudah kita duduk adzan pun berkumandang, hari itu hari jum'at jadi kita melaksanakan kewajiban dulu sebagai umat muslim "Sholat Jumat", di atas kita kehilangan kontak dengan fuad, alhasil cuma gue randi dan faisal yang sholjum.

Dijalan mau ke mesjid untuk sholat, gue ama randi ngeliat seonggok mbak2 aneh nyanyi2 gak jelasss dengan suara melengking, dia teriak2 gak jelas, dari teriakannya kami pastikan bahwa : "Mbak2 tersebut gak lolos". Iya sungguh tragis memang.

Selesai sholat gue randi dan faisal lanjut lagi ke tempat audisi tadi, tapi faisal mrasa bahwa sudah ada konser underground di perutnya (baca: laper). Dia mutusin buat makan dulu, kebetulan ada mie tenda mie sedap disana. Gue rasa di tenda terzebut ada zi ibu2 yang biasa bilang: "zuudah makan zdulu zzana, ada mie zzedapz", mungkin faisal ngomong: Ibu ayam2ku mana? ini ekstreem, abiss...

Gue ama randi lanjut lagi ke lantai 6 buat ngelanjutin ngantri. Sampai disana kita ketemu fuad yang tadinya lost kontak ama kita. Syukurlah dia masih ada, takunya alien saturnus bakal nyulik dia, salah2 malah gue ntar yang di salahin ama keluarganya.

Setelah selama hampir 1 jam kita duduk2 gak jelas, kita lalu memasuki sebuah ruangan dimana telah banyak orang2 berkumpul, gue kira ada pembagian sembako gratis #MentalMahasiswa #NyariGratisan. Rupanya ada CITRA IDOL yang bakal perform disana, gue sempat foto tapi ke apus hahaha.

Dari ruangan itu kita dipisahi lagi 10 orang buat ke ruang audisi yang sesungguhnya, Sekitar 15 menitan nunggu akhirnya kelompok gue pun masuk ke area audisi. Anehnya gue yang gak niat ngikut jadi ikut2an deg2an, entah kenapa gue juga bingung, lo bingung? jangan deh, udah cukup gue aja, gue gak pengen ngerepotin.

Saat itu gue dapet urutan ke 4 buat audisi. Waktu tiba giliran, gue pun masuk ke sebuah bilik kecil yang di isi oleh 2 orang om2 yang tidak dikenal. Disitu gue ditanyain mau nyanyi lagu apa, gue jawab "Seperti yang kau minta, Chrisye", om2 itu jawab, oke silahkan nyanyi.

Gue: " Aku tau kutakkan bisa, menjadi sperti yang engkau minta...., namun selama, nafas berhembus aku kan mencoba......A.....
(dalem hati: Gue belom selesai nyanyi udah dipotong aja..... Sial...!!!)
Om2: iya, oke, Next..!!!

Gue:*senyum sinis*

Om2: *senyum penuh kemenangan*

Lalu pada saat 10 orang yang ada di kelompok gue selesai audisi, kita di giring lagi oleh panitia untuk dengerin keputusan. Disitu kita dikumpulin kira2 ada 50 orang, lalu dimasukin lagi ke sebuah ruangan, dan hasilnya dari 50 orang peserta yang dikumpulin tadi hanya 2 orang yang terpilih ke fase selanjutnya, yaitu...... dua-duanya cewek..... Gue?? GUE COWOK BEGO...!!! Bukan gue bukan cowok bego….!!!, maksudnya itu……. Ahhh sudah lah……  Gue dengan sukses telah gak lulus dari audisi indonesian idol YIPPIIEE....!! <---gaya teriak apa ini? rada ke banci2an ya......

Gue dan faisal pun turun lagi kebawah, dan sticker tanda peserta tadi diminta untuk di sobek. Temen2 gue yang lain karena kepisah jadi kita nuggu dibawah.

Intinya adalah 5-6 jam lebih penantian sebelum audisi lenyap seketika hanya dengan waktu 5 menit di dalam ruang audisi.

Jadi saran gue kalo emang bener2 niat ikut indonesian idol emang harus punya mutu dan kualitas, jangan menang tampang doang (itu gue dikit). Dan siapin juga mental menang dan kalah.

Iya, tulisan kali ini emang rada panjang, tapi makasih udah mau baca.

Sampai Jumpa di postingan2 gue selanjutnya.........

3 comments:

ngritikacara said...

wah pengalaman yang luarbiasa itu ya...

selamat berjuang lagi.....


salam,
ngritikacara

Rizky Nanda Putra said...

Thanks....

ADI said...

Selamat artikel yang kamu tulis ini ada di halaman 1 Google. Makanya aku bisa ketemu blogmu ini.

Post a Comment

newer post older post Home